Digester Limbah Dapur

Digester Limbah Dapur adalah alat untuk mengurai limbah dapur rumah tangga dengan menggunakan teknologi an-aerob, dimana dengan bantuan microba an-aerob maka limbah dapur rumah tangga diurai untuk kemudian dihasilkan gas bio atau biogas, dimana gas ini mengandung gas  methane (CH4) yang dapat dipakai sebagai bahan bakar. Biogas ditampung di dalam penampung gas dan kemudian disalurkan ke dapur untuk menyalakan kompor di dapur. Selain itu ampas dari proses penguraian yang akan keluar secara otomatis di dalam bentuk cairan  sudah tidak lagi berbau dan caira ini dapat dipakai untuk pupuk organik yang sangat baik.

Melalui Digester Limbah Dapur ini, limbah dapur dalam waktu 24 jam telah dapat diurai. Untuk 1 kg limbah dapur basah dapat dihasilkan 100 L – 150 L gas bio. Dimana untuk kebutuhan kompor memasak selama satu jam dibutuhkan sekitar 250 L gas bio. Dengan asupan 3-5 kg limbah dapur perhari yang telah dihaluskan, dapat dihasilkan gas bio untuk kompor di dapur selama kurang lebih 1 – 2 jam, dan juga dihasilkan ampas biogas yang merupakan pupuk organik yang sangat baik.

Dengan menggunakan Digester Limbah Dapur ini kita mengubah limbah atau sampah menjadi sesuatu yang berguna dan pro-lingkungan hidup.

Aplikasi dari sistem ini dapat digunakan untuk restoran, asrama, sekolah dan rumah tangga.

Apakah anda tertarik mencoba?

(teja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s