Aplikasi Pupuk Bio-Slurry (Pak Omas, Kp. Areng, Cibodas, Lembang) Pada Tanaman Tomat Ceri

Aplikasi pupuk ampas biogas (bio slurry) pada tanaman tomat. Dengan menggunakan pupuk ampas biogas (bio slurry) yang dihasilkan dari reaktor biogas yang dibangun di rumahnya, Pak Omas dapat menghemat di dalam pembelian pupuk dasar, biasanya menggunakan pupuk ayam, sebanyak Rp. 1000.000,- untuk aplikasi pada lahan seluas 1400 m2. Selain itu dilakukan penghematan pupuk kimia menjadi sebanyak 25% dari biasanya.

Pak Omas sangat puas dengan hasilnya.

Pak Omas juga merasakan bahwa selama menggunakan pupuk bio slurry ini kualitas tanahnya justru semakin baik dari waktu ke waktu. Pada aplikasi ke-4, Pak Omas justru merencanakan mengurangi asupan pupuk bio slurry nya, karena tanah dirasakan kesuburan tanahnya sudah sangat bagus.

Di Kp. Areng sendiri sudah terdapat 24 reaktor biogas, dimana kotoran sapi yang selama ini dibuang dan mencemari lingkungan, dimanfaatkan oleh para peternak untuk dimasukkan di dalam reaktor biogas, selain mendapatkan gas-nya, para peternak/petani justru sangat mengharapkan dari bioslurry yang dihasilkan untuk diaplikasikan di lahan pertaniannya. Hasil pupuk bioslurry ini justru memberikan nilai tambah yang sangat tinggi bagi mereka. Saat ini kotoran sapi bukan menjadi masalah, tetapi justru menjadi berkah.

Pemanfaatan Pupuk Bio Slurry Biogas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s